RESENSI NOVEL NAPOLI KARYA RISKANINDA MAHARANI

Judul                           : Napoli
Pengarang                   : Riskaninda Maharani
Penerbit                       : DIVA Press
Tahun terbit                 : Cetakan Pertama, Mei 2015
Jumlah halaman           : 268 halaman
Tebal buku                  : 14 x 20 cm
ISBN                           : 978-602-255-893-4

            Novel ini ditulis oleh Riskaninda Maharani. Ia dilahirkan di Situbondo, 23 Agustus 1983. Ketiga puluh antologinya telah terbit, termasuk antologi A Letter For My Prince. Aktif menulis puisi dalam bahasa Tetun, Italia, Spanyol, dan bahasa-bahasa lain yang serumpun dengan bahasa Latin sejak puisinya diakui oleh penyair-penyair setempat. Salah satu karya dari Riskaninda adalah novel yang berjudul Napoli.
            Novel ini bercerita tentang kisah perjalanan hidup Revina selama tinggal di Italia. Revina sendiri adalah wanita berkewarnanegaraan Indonesia yang mendamba menjadi seseorang yang berkewarganegaraan Italia. Dengan segala pengetahuannya tentang Italia dan kemampuan berbahasa Latin, mengantarkan Revina masuk ke La Universita degli Studi di Roma La Sapienza. Di Italia Revina bertemu dengan sosok Stefano Puglietti. Sosok Stefano yang dingin tapi sangat perhatian membuat Revina jatuh kedalam pesonanya. Bisa dikatakan jika Stefano itu idaman banyak wanita, tetapi dia tidak mudah dekat dengan wanita. Revina juga bertemu dengan musuh dan seseorang yang menyakitinya dimasa lalu yang tak lain adalah Nadine dan Francesco. Tak sampai disitu saja, Revina dihadapkan disituasi yang sulit dimana dia harus memilih Stefano atau Alejandro. Alejandro adalah sosok pria yang baik. Akan tetapi, Revina pada akhirnya memilih Stefano untuk menjadi pasangannya. Kehidupannya di Italia, tidak semulus yang dia bayangkan. Revina harus terjebak dengan masa lalunya, yang membuatnya sulit untuk mengakui perasaannya. Dengan segala perjuangan Stefano, Revina mau menjadi pasangan hidupnya. Kehidupan pernikahan Stefano dan Revina menghadapi kesulitan, dimana Ayah Revina tak setuju Revina menjadi warganegara Italia. Tapi keberuntungan memihak pada Revina, sehingga dia mendapatkan kewarganegaraan Italia dan bayinya pun akan menjadi bipatride dengan otomatis.
            Novel ini merupakan novel yang bisa membuat pembaca membayangkan dan merasakan gambaran asli kehidupan Negara Italia. Penulis dengan sangat jelas menggambarkan tempat-tempat di Italia secara detail, hampir tidak ada yang terlewat. Membaca novel ini juga dapat menambah pengetahuan tentang bahasa. Bukan hanya satu bahasa yang ditampilkan di novel ini, tapi ada berbagai macam bahasa Latin, seperti bahasa Italia, Prancis dan Spanyol yang tak lupa disertai dengan terjemahannya. Bahasanya mudah dimengerti, pemilihan diksi yang baik. Penyusunan kalimat tertata dengan rapi dan jelas. Cover yang menarik membuat orang penasaran dengan novel ini. Novel ini layak dibaca, apalagi untuk orang-orang yang butuh banyak pengetahuan.
            Hal yang disayangkan dari novel ini adalah hanya pantas dibaca oleh orang dewasa. Karena didalam novel ini ada beberapa cerita yang tidak layak dibaca oleh para remaja dan anak-anak.


Komentar

  1. Terima kasih atas resensi cantiknya. Salam kenal! <3 :*

    BalasHapus
  2. Boleh tahu alamat jejaring sosialmu untuk komunikasi lebih lanjut soal Napoli? Akan sangat berarti banget buat aku. :-)

    BalasHapus
  3. terima kasih kembali :), iya boleh. Facebook Intan Nurvita

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer